Berbicara soal keadilan, Kita sebagai warga negara mutlak membutuhkan keadilan di setiap aspek kehidupan. Banyak diantara Kita yang masih membutuhkan keadilan karena tidak memperoleh seutuhnya ataupun direnggut oleh orang yang tidak berhak.

Seperti halnya seorang hakim di setiap negara yang memiliki tugas untuk terus menegakkan keadilan bagi setiap warga negaranya. Frank Caprio hadir sebagai salah satu ikon keadilan warga Amerika Serikat.

Frank Caprio yang merupakan ikon keadilan warga Amerika Serikat ini lahir pada 23 November 1936. Ia menjabat sebagai hakim kepala di Kota Providence, negara bagian Rhode Island, Amerika Serikat.

Ia juga banyak diperbincangkan oleh orang-orang karena keputusannya yang tak lazim berhasil merebut hati rakyat Amerika. Frank Capriolkon bahkan mendapat julukan sebagai ikon keadilan warga Amerika Serikat. Lantas apa yang membuatnya mendapat julukan tersebut?

Apa yang Membuat Frank Capriolkon Dijuluki sebagai Ikon Keadilan warga Amerika Serikat?

Ikon keadilan warga Amerika Serikat memiliki motto yang berbeda dengan yang lainnya yaitu ‘balance the equity’ yang berarti menyeimbangkan hak setiap pihak dalam segala aspek. Pada dasarnya, di dalam hukum motto Frank CaprioIkon keadilan warga Amerika Serikat ini meninterpretasikan bahwa apabila seseorang bersalah tetap harus dibuktikan secara sah di depan pengadilan dengan berbagai pertimbangan mendasar.

Sebagai seorang hakim, ikon keadilan warga Amerika Serikat memiliki tanggung jawab dalam memberikan keputusan dengan berdasarkan hukum yang berlaku meskipun dengan tetap mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan seperti yang dilakukan oleh Frank Capriosang.

Frank CaprioIkon tak pernah melihat kesalahan seseorang hanya berdasarkan yang kelihatan atau berdasarkan pernyataan tetapi harus dilakukan pengkajian akar dari permasalahan pkv games yang dimiliki seseorang tersebut.

Sebagai contoh apabila seseorang melanggar lalu lintas dalam hal menerobos lampu merah meskipun terbukti melalui CCTV, tetap harus dibuktikan dan diselidki penyebabnya. Kenapa alasannya terdakwa sampai melakukan hal tersebut.

Seperti yang ada di Indonesia bahwa hal demikian merupakan perkara yang sangat lumrah terjadi, tetapi tidak bagi Frank CaprioIkon kasus seperti ini tetap harus diperlukan bukti dan alasan dari akar permasalahannya. Entah dia memang sengaja ataukah sedang memiliki permasalahan yang rumit kemudian membuatnya hingga harus berurusan dengan polisi.

Sebaliknya, seseorang yang melanggar lalu lintas tersebut juga bisa saja dibebaskan apabila tidak terbukti dengan kuat bersalah atau telah melanggar lalu lintas. Hal tersebut juga melalui pertimbangan atas dasar kemanusiaan, apakah orang tersebut memang baik orangnya ataukah sebenarnya dia memiliki etika hidup yang baik tetapi karena suatu hal membuatnya terpaksa melanggar lalu lintas.

Demikian pula beberapa kasus yang ditanganinya, dengan berbagai keputusan tak lazim yang membuat kagum warga Amerika Serikat. Itulah yang menjadi alasan mengapa ia dijuluki sebagai ikon keadilan warga Amerika Serikat.

Berikut merupakan beberapa keputusan yang diluar dugaan oleh Frank CaprioIkon tersebut:

Membebaskan pelanggar lalu lintas karena melihat kejujuran anaknya

Dalam kasus ini terdapat seorang pria berasal dari Afrika menjadi tahanan polisi karena telah melanggar lalu lintas. Ia di tahan atas pelanggaran lalu lintas karena telah melaju dengan kecepatan 25km/jam.

Disisi lain, ketika melihat pria tersebut membawa anak dan juga istrinya, Frank CaprioIkon keadilan warga Amerika Serikat memanggil putranya tersebut kemudian menanyakan apakah ayahnya bersalah atau tidak bersalah. Tidak disangka anaknya menjawab bahwa ayahnya bersalah.

Akibat hal tersebut, Frank CaprioIkon keadilan warga Amerika Serikat memberikan apresiasi karena kejujuran anaknya tersebut dengan membebaskan ayahnya. Diketahui ayah memiliki rekam jejak yang baik sebagai warga negara Afrika dan tidak pernah memiliki masalah selama berada di Amerika.

Membebaskan pelanggar lalu lintas tetapi sebaliknya memberikan teguran kepada polisi

Seorang pria kedapatan melakukan pelanggaran oleh polisi karena memarkirkan kendaraan di tempat terlarang. Tetapi ia mencoba membela dirinya dengan berbagai alasan. Yaitu karena disana ada banyak orang-orang lainnya yang lebih dulu darinya parkir ditempat tersebut dan juga tidak adanya tanda larangan untuk parkir disana.

Polisi membenarkan alasan kedua pria ini tetapi tetap mengatakan bahwa itu bukanlah alasan yang dapat diterima, tetapi hal yang mengejutkan justru Frank Capriohakim keadilan warga Amerika Serikat memberikan teguran kepada pihak polisi karena tidak memasang rambu lalu lintas dengan baik dan benar. Dengan hal itu membuat pengguna lalu lintas tidak tahu kalau dia telah melanggar.

Membebaskan mahasiswa dari pelanggaran lalu lintas dengan memberikan syarat

Seorang anak SMA tahun terakhir tertangkap oleh kamera polisi karena melanggar lampu merah tetapi ia tetap memberikan pembelaan bahwa ketika ia lewat lampu lalu lintas tersebut berwarna kuning bukan atau belum merah. Namun Hakim Frank CaprioIkon keadilan warga Amerika Serikat menunjukkan bukti berupa video saat
kejadian bahwa ia memang bersalah.

Namun demikian, hal yang mengejutkan yaitu ketika Frank CaprioIkon keadilan warga Amerika Serikat malah membebaskan pria tersebut karena mengetahui bahwa dia adalah siswa SMA tingkat akhir dan sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikannya ke universitas. Mengetahui hal tersebut Frank Caprio Ikon Keadilan Warga Amerika Serikat kemudian membebaskannya dengan syarat harus melaporkan kepada hakim Frank Caprio apabila dia telah berkuliah dan telah wisuda.

Tak lazim bukan? Itulah beberapa contoh keputusan yang tak lazim bagi Frank CaprioIkon yang dapat dijadikan contoh. Akan tetapi, tetap jangan menjadi seenaknya apabila tau akan ada keringanan atas pelanggaran apapun yang Kita perbuat ya.